CONTOH PROPOSAL
Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam
bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut harus
dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik.
Pihak yang berkepentingan tersebut, anrafiq-spektra.blogspot.comtara lain pemberi izin dan
penyumbang dana, seperti kepala sekolah, orang tua, sponsor, polisi,
lurah, atau kepala desa.
MENGANGKAT
PRODUK LOKAL
1.1.Latar
belakang
Pada era globalisasi saat
ini,masyarakat Indonesia lebih menyukai produk dari luar negeri dari pada
produk lokal,karena masyarakat Indonesia telah mengetahui bahwa produk luar
negeri lebih berkualitas dibandingkan
produk lokal. SMK NEGERI 1 LIMBOTO Khusunya jurusan pemasaran
berupaya untuk dapat mengangkat produk lokal dan mampu menjelaskan kepada
konsumen bahwa produk lokal lokal lebih berkualitas dan mampu bersaing bersain
dengan produk-produk luar negeri.
Seperti
yang kita kita ketahui bahwa SMK NEGERI 1 LIMBOTO sebagai salah satu lembaga pendidikan
kejuruan yang ada di Gorontalo,telah menerapkan kepada seluruh siswa kelas XI dan
XII untuk melaksanakan prakerin sebagai salah satu usaha mendekatkan siswa pada
dunia industri maupun dunia usaha,sesuai dengan jurusan yang di tekuni oleh
masing-masing siswa.
Berdasarkan kalender pendidikan
tahun pelajaran 2013-2014 maka kami dalam hal ini siswa kelas XII
Program Keahlian TATA
NIAGA, SMK NEGERI 1 LIMBOTO Mengadakan ujian kompetensi yang dimulai dengan
kegiatan survei kebutuhan konsumen yang tujuanya untuk mengetahui banyaknya baran
yang di butuhkan oleh
konsumen sehingga
dapat
dilakanakan
dalam pengadaan barang
Produk-produk yang di I
jual kepada konsumen
di upayakan berkaitan dengan produk lokaal di antaraya adalah
buah-buahan,snack,parfum dan sebagainya.kegiatan ini adalah untuk mendekatkan
barang dengan konsumen.
1.2.Visi
v Visi Usaha
·
Terwujudnya
usaha yang propesional,mapan dan siap bersaing di masa depan.
1.3.Misi
v Misi usaha
·
Meningkatakan
kualitas produk
·
Meningkatkan
layanan kepada konsumen
·
Menjaga
stadarasisasi usaha
·
Menciptakan produk yang
lebih unggul yang baik dan di gemari
masyrakat.
·
Dapat mempertahankan
produk-produk yang berada di dalam negeri
1.4.Analisis
peluang usaha
v Kelebihan produk
(Stranght Prduct)
v Harganya
relative murah
v Tidak mengandung
bahan kimia
v Merupakan
kebutuhan sehari-hari
v Warna dan bentuk yang menarik
v Pengemasan produk lebih efektif dan efisien
v Kelemahan produk
(Weaknes Product)
v Mudah memebusuk
v Mudah rusak
v Tidak bisa di
komsumsi terlalu lama
v Memiliki jangka waktu yang tertentu
v Peluang usaha
( Oppereunity)
v Di butuhkan oleh
konsumen
v Mudah di peroleh
v Dapat
menciptakan lapangan kerja
v Dapat
menciptakan pesaing yang sehat
v Dapat membandingkan
harga pasar dengan harga agen
v Tingginya permintaan konsumen akan produk dan
kurangnya pesaing
v Di dukung oleh sumber daya masyarakat
v Dapat mempromosikan produk melalui Event pameran
v Bahanya mudah untuk di dapat
v Dapat di jangkau oleh masyarakat luas
v Ancaman (Treath)
v Adanya persaingan yang tidak sehat
v Adanya produk yang sama dengan perusahaan
1.5.Marketing
mix
v Produk
Produk adalah barang
atau jasa yang dapat di perjualbelikan dalam marketing mix,kita harus mempunyai
produk yang bagus,berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan segala
sesuatu yang dapat di tawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen.
v Penjualan
Penjualan merupakan
salah satu bentuk dari promosi yang mengadakan kontak secara langsung dengan
konsumen,penjualan akan dapat memperoleh umpan balik yang lebih cepat di
bandingkan dengan promosi yang lainya.
v Pendistribusian
Pendistribusian di
lakukan langsung terhadap konsumen dari konsumen sampai kepada konsumen,dengan
adanya pendistribusian maka transaksi bisnia dapat di atasi dengan lancar.
v Promosi
Promosi pada dasarnya
adalah bentuk komunikasi pemasaran,promosi meliputi semua kegiatan yang di
lakukan perusahaan untuk mengkimunikasikan produknya kepada pasar sasaran,
komunikasi pemasaran
adalah aktifitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi,membujuk atau
meningkatkan pasar sasaran atau produknya yang ada di pasar agar konsumen atau
pelanggan bersedia ,menerima dan loyal kepada produk yang di tawarkan.
1.6.Perhitungan
modal dan harga jual
v Modal
Ø Modal Rp. 350.000
Ø Biaya
tranportasi Rp. 10.000
NO
|
NAMA
BARANG
|
BANYAKNYA
|
HARGA
BELI
|
HARGA POKOK
|
|
1
|
MINYAK BIMOLI
|
3
|
Rp.
13.700
|
Rp. 41.100
|
|
2
|
BLUE BAND
|
3
|
Rp.
9.200
|
Rp. 27.600
|
|
3
|
INDOMIE AYAM BAWANG
|
5
|
Rp. 2.000
|
Rp. 10.000
|
|
4
|
KECAP ABC
|
3
|
Rp.
5.600
|
Rp. 16.800
|
|
5
|
SAUS SAMBAL ABC
|
2
|
Rp.
4.800
|
Rp. 9.600
|
|
6
|
PEPSODENT
|
1
|
Rp.
4.600
|
Rp. 4.600
|
|
7
|
SABUN LUX
|
3
|
Rp.
2.300
|
Rp. 6.900
|
|
8
|
RINSO
|
2
|
Rp.
16.200
|
Rp. 32.400
|
|
9
|
SAMPO PANTENE
|
2
|
Rp.
7.700
|
Rp. 15.400
|
|
10
|
KERUPUK UDANG
|
1
|
Rp.
7.000
|
Rp. 7.000
|
|
11
|
ROKOK SURYA 1 SLOP
|
1
|
Rp.15.000
|
||
12
|
BUAH APEL 2 KILO
|
10
|
Rp.5.000
|
||
JUMLAH
|
HARGA
POKOK =HARGA BELI + BIAYA
HARGA
JUAL = HARGA POKOK + LABA KHAYAL
Rp. + Rp. = Rp.
1.7.Analisa
keuntungan
v Laba
Harga
pokok
1.8. Kesimpulan
Dengan
mengucapkan syukur Allhamdullillhah,ahinya saya dapat menyelesaikan proposal
ini dengan kemampuan yang saya miliki dan tak lupa kepada guru-guru yang telah
membantu saya dalam menyusun proposal ini,karena tanpa bantuan dari guru-guru
semuanya,proposal ini tidak akan tersusun dengan efektif.di era globalisasi ini
persai ngan bisnis mulai ketat, maka dari pada itu kita harus mempunyai bekal
in tuk mengantisifikasi persaingan yang ada,karena di dalam berbisnis itu ada
saatnya kita sukses dan gagal tapi kegagalan itiu jangan di jadikan suatu
keterpurukan,akan tetapin suatu kegagalan sebagai cerminan agar kita dapat
sukses kedepanya nanti karena kegagalan awal dari kesuksesan
1.9.
Saran
2. Di harapkan bagi
rekan-rekan siswa yang mengadakan uji kompotensi di masa mendatang sebaiknya benar-benar
memanfaatkan waktu yang baik dalam lingkun gan sekolah dan lingkungan
masyarakat.
3. Di samping itu
pula saya mengharapkkan kerja sama yang baik dapat di pupuk antara pihak
sekolah dan dunia industri.
Demikian
saran dan kesimpulan yang dapat saya berikan dalam laporan ini lebih dan
kurangnya saya mohon maaf karena selaku
manusia biasa tak lupuk dari kesalahan dan keiklafan.
sangat membantu dalam pelaksanaan ukk di sekolah saya
BalasHapus