Sabtu, 22 Februari 2014

Contoh Proposal UKK ( UJIAN KOMPOTENSI KEJURUAN)



CONTOH PROPOSAL



Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut harus dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik. Pihak yang berkepentingan tersebut, anrafiq-spektra.blogspot.comtara lain pemberi izin dan penyumbang dana, seperti kepala sekolah, orang tua, sponsor, polisi, lurah, atau kepala desa.




MENGANGKAT PRODUK LOKAL
1.1.Latar belakang
Pada era globalisasi saat ini,masyarakat Indonesia lebih menyukai produk dari luar negeri dari pada produk lokal,karena masyarakat Indonesia telah mengetahui bahwa produk luar negeri lebih berkualitas  dibandingkan produk lokal. SMK NEGERI 1 LIMBOTO Khusunya jurusan pemasaran berupaya untuk dapat mengangkat produk lokal dan mampu menjelaskan kepada konsumen bahwa produk lokal lokal lebih berkualitas dan mampu bersaing bersain dengan produk-produk  luar negeri.
Seperti yang kita kita ketahui bahwa SMK NEGERI 1 LIMBOTO sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang ada di Gorontalo,telah  menerapkan kepada seluruh siswa kelas XI dan XII untuk melaksanakan prakerin sebagai salah satu usaha mendekatkan siswa pada dunia industri maupun dunia usaha,sesuai dengan jurusan yang di tekuni oleh masing-masing siswa.
Berdasarkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2013-2014 maka kami dalam hal ini siswa kelas XII Program Keahlian TATA NIAGA, SMK NEGERI 1 LIMBOTO Mengadakan ujian kompetensi yang dimulai dengan kegiatan survei kebutuhan konsumen yang tujuanya untuk mengetahui banyaknya baran yang di butuhkan oleh konsumen sehingga dapat dilakanakan  dalam  pengadaan barang
            Produk-produk yang di I jual kepada konsumen di upayakan berkaitan dengan produk lokaal di antaraya adalah buah-buahan,snack,parfum dan sebagainya.kegiatan ini adalah untuk mendekatkan barang dengan konsumen.

1.2.Visi
v  Visi Usaha
·         Terwujudnya usaha yang propesional,mapan dan siap bersaing di masa depan.
1.3.Misi
v  Misi usaha
·         Meningkatakan kualitas produk
·         Meningkatkan layanan kepada konsumen
·         Menjaga stadarasisasi usaha
·         Menciptakan produk yang lebih unggul  yang baik dan di gemari masyrakat.
·         Dapat mempertahankan produk-produk yang berada di dalam negeri



1.4.Analisis peluang usaha
v  Kelebihan produk (Stranght Prduct)
v  Harganya relative murah
v  Tidak mengandung bahan kimia
v  Merupakan kebutuhan sehari-hari
v  Warna dan bentuk yang menarik
v  Pengemasan produk lebih efektif dan efisien
v  Kelemahan produk (Weaknes Product)
v  Mudah memebusuk
v  Mudah rusak
v  Tidak bisa di komsumsi terlalu lama
v  Memiliki jangka waktu yang tertentu
v  Peluang usaha ( Oppereunity)
v  Di butuhkan oleh konsumen
v  Mudah di peroleh
v  Dapat menciptakan lapangan kerja
v  Dapat menciptakan pesaing yang sehat
v  Dapat membandingkan harga pasar dengan harga agen
v  Tingginya permintaan konsumen akan produk dan kurangnya pesaing
v  Di dukung oleh sumber daya masyarakat
v  Dapat mempromosikan produk melalui Event pameran
v  Bahanya mudah untuk di dapat
v  Dapat di jangkau oleh masyarakat luas
v  Ancaman (Treath)
v  Adanya persaingan yang tidak sehat
v  Adanya produk yang sama dengan perusahaan
1.5.Marketing mix
v  Produk
Produk adalah barang atau jasa yang dapat di perjualbelikan dalam marketing mix,kita harus mempunyai produk yang bagus,berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan segala sesuatu yang dapat di tawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
v  Penjualan
Penjualan merupakan salah satu bentuk dari promosi yang mengadakan kontak secara langsung dengan konsumen,penjualan akan dapat memperoleh umpan balik yang lebih cepat di bandingkan dengan promosi yang lainya.
v  Pendistribusian
Pendistribusian di lakukan langsung terhadap konsumen dari konsumen sampai kepada konsumen,dengan adanya pendistribusian maka transaksi bisnia dapat di atasi dengan lancar.

v  Promosi
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran,promosi meliputi semua kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk mengkimunikasikan produknya kepada pasar sasaran,
komunikasi pemasaran adalah aktifitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi,membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atau produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia ,menerima dan loyal kepada produk yang di tawarkan.

1.6.Perhitungan modal dan harga jual
v  Modal
Ø  Modal                                      Rp. 350.000
Ø  Biaya tranportasi                    Rp. 10.000
NO
NAMA BARANG
BANYAKNYA
HARGA BELI
HARGA POKOK
 HARGA JUAL
1
MINYAK BIMOLI
3
Rp. 13.700
Rp. 41.100

2
BLUE BAND
3
Rp. 9.200
Rp. 27.600

3
INDOMIE AYAM BAWANG
5
Rp. 2.000
Rp. 10.000

4
KECAP ABC
3
Rp. 5.600
Rp. 16.800

5
SAUS SAMBAL ABC
2
Rp. 4.800
Rp. 9.600

6
PEPSODENT
1
Rp. 4.600
Rp. 4.600

7
SABUN LUX
3
Rp. 2.300
Rp. 6.900

8
RINSO
2
Rp. 16.200
Rp. 32.400

9
SAMPO PANTENE
2
Rp. 7.700
Rp. 15.400

10
KERUPUK UDANG
1
Rp. 7.000
Rp. 7.000

11
ROKOK SURYA 1 SLOP
          1
 Rp.15.000


12
BUAH APEL 2 KILO
        10
 Rp.5.000



JUMLAH






HARGA POKOK =HARGA BELI + BIAYA
HARGA JUAL = HARGA POKOK + LABA KHAYAL
Rp.                  + Rp.                           = Rp.




1.7.Analisa keuntungan

v       Laba
Harga pokok        



























1.8.    Kesimpulan

Dengan mengucapkan syukur Allhamdullillhah,ahinya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan kemampuan yang saya miliki dan tak lupa kepada guru-guru yang telah membantu saya dalam menyusun proposal ini,karena tanpa bantuan dari guru-guru semuanya,proposal ini tidak akan tersusun dengan efektif.di era globalisasi ini persai ngan bisnis mulai ketat, maka dari pada itu kita harus mempunyai bekal in tuk mengantisifikasi persaingan yang ada,karena di dalam berbisnis itu ada saatnya kita sukses dan gagal tapi kegagalan itiu jangan di jadikan suatu keterpurukan,akan tetapin suatu kegagalan sebagai cerminan agar kita dapat sukses kedepanya nanti karena kegagalan awal dari kesuksesan





1.9.            Saran
2.      Di harapkan bagi rekan-rekan siswa yang mengadakan uji kompotensi di masa mendatang sebaiknya benar-benar memanfaatkan waktu yang baik dalam lingkun gan sekolah dan lingkungan masyarakat.
3.      Di samping itu pula saya mengharapkkan kerja sama yang baik dapat di pupuk antara pihak sekolah dan dunia industri.

Demikian saran dan kesimpulan yang dapat saya berikan dalam laporan ini lebih dan kurangnya  saya mohon maaf karena selaku manusia biasa tak lupuk dari kesalahan dan keiklafan.










 

1 komentar: